4/2/15

Kenapa mematikan Komputer harus di Shutdown ?


Pasti kalian pernahkan mematikan komputer dengan cara  menekan tombol power secara lama? atau mencabut kabel yang tersambung pada komputer seperti kabel "Stabilizer"
Jika kalian pernah melakukan hal tersebut , itu adalah tindakan yang sangat "Fatal".
Dan berikut hal yang akan terjadi bila kalian pernah melakukanya.
Shutdown


1. Kerusakan pada Power Supply

Pada saat mematikan komputer atau Shutdown , Proccessor akan memberikan perintah kepada Bios untuk segera menghentikan segala pekerjaan komponen peralatan, sehingga arus atau daya yang terpakai diputus secara normal. Namun jika kita mematikannya secara Paksa (Mencabut kabel Power Supply/mematikan Power Supply) Arus listrik yang mengalir akan di Putus secara tidak Normal

2. Processor akan rusak, bahkan Hangus

Pada saat mematikan komputer atau Shutdown, fan (kipas) komputer akan bekerja dua kali lebih cepat untuk proses mendinginkan Processor. Kalau kita mematikan secara langsung maka pendingin Processor tidak bekerja secara Normal, maka lama-kelamaan akan Processor bisa panas bahkan Gosong/Hangus terbakar. 

3. Ram bisa Rusak

Pada saat mematikan komputer atau Shutdown, System memory akan dikosongkan, sehingga pada saat Komputer akan di pakai lagi maka Memory sudah benar-benar dalam keadan Fresh. Kalau kita mematikan komputer secara paksa maka kemungkinan besar memory/RAM komputer kalian bakalan rusak.

4. Registry menjadi berantakan

Pada saat mematikan komputer atau Shutdown, komputer akan meregistrasi ulang komponen komputer yang diguanakan (terpakai) dan software serta data yang di Pakai atau yang di Hapus. Kalau kita mematikan Komputer secara paksa makan yang akan terjadi yaitu komponen atau software serta data yang digunakan tidak dapat disimpan kedalam registry (tidak optimal).

5. VGA Card akan Jebol/Rusak

Pada saat mematikan komputer atau Shutdown, Vga Card akan merespon dengan baik karena disaat kalian menggunakan komputer di situlah Vga Card di gunaka sebagai Tampilan Gambar, dan jika kalian Mematikan komputer dengan cara di paksa maka yang terjadi pada Vga Card adalah gambar akan menjadi sedikit berubah dari sebelumnya FPS game menurun dan kemungkinan bisa Jebol/Rusak.

6. Bad Sector pada Hard Disk

Pada saat mematikan komputer atau Shutdown, komputer akan menyimpan semua data proses yang terjadi  kedalam Hard Disk.Bayangkan jika sedang proses bekerja, Hard Disk tiba-tiba dimatikan, Kalian bisa membayankan sendiri apa yang akan terjadi , Yup! . Yaitu kerusakan pada Slilinder Hard Disk  atau sering di sebut Bad Sector
Load disqus comments

1 komentar: